oleh: Hari (Manajer External Training Program L’Ayurveda)

Sesuai janji saya di tulisan “Apa Investasi Terbaik untuk Bisnis Anda?“, kali ini saya akan membahas tentang kebahagiaan pegawai atau boleh saja kita sebut kebahagiaan personel atau manusia. Apakah kebahagiaan pegawai penting bagi bisnis Anda?

Bicara kebahagiaan, buku yang pertama kali saya baca dan membahas tentang kebahagiaan secara spesifik, inspiratif, dan implementatif adalah “Be Happy” yang ditulis oleh Bapak Anand Krishna. Beliau adalah seorang humanis spiritual, penulis produktif lebih dari 170 judul buku, dan pencipta program Ananda’s Neo Self Empowerment yang digunakan oleh L’Ayurveda dalam berbagai training yang kami berikan untuk berbagai institusi. Dan menarik untuk dicermati karena beliau adalah seorang cancer survivor atau penyintas kanker sehingga pikir saya “Tidak mungkin buku ini cuma berisi wacana atau teori belaka.”

Buku Be Happy tersebut mengulas keterkaitan antara emosi dengan level energi, sebuah gagasan yang telah diajukan oleh Bapak Anand Krishna bertahun-tahun sebelumnya saat menciptakan program Ananda’s Neo Self Empowerment. Dan di buku tersebut, diungkap bahwa ada ilmuwan yang membuktikan bahwa emosi memang sangat mempengaruhi kekuatan otot manusia. Dari emosi dengan kekuatan terendah yaitu rasa dipermalukan dan bersalah, sampai pada level-level tinggi seperti cinta kasih, pencerahan, dan kebahagiaan.

Ya, kebahagiaan merupakan salah satu emosi dengan level energi tertinggi. Sebagai praktisi hipnoterapi, saya hanya bisa berbagi dari pengalaman pribadi bahwa benar kebahagiaan adalah salah satu emosi dengan level energi tinggi. Mereka yang pernah menjadi klien atau praktisi hipnoterapi pasti tahu persis apa yang saya maksud. Tapi mari kita lihat juga dari hasil penelitian tentang kebahagiaan pegawai dalam bisnis.

Harvard Business Review menyatakan bahwa para pegawai yang bahagia dan bisa mengatasi stressnya memiliki produktivitas 31% lebih tinggi, menghasilkan penjualan 37% lebih banyak, dan 3 kali lebih kreatif dibandingkan mereka yang stress! (link ada di sini dan juga ada artikel menarik lain di sini)

Tapi apakah hanya uang saja cukup untuk membuat pegawai bahagia? Sayangnya TIDAK (https://hbr.org/2017/01/what-matters-more-to-your-workforce-than-money) Kita akan membahas hal ini lebih lanjut di artikel berikutnya.

Sementara itu: Apakah Kebahagiaan Pegawai Penting bagi Bisnis Anda? YA!

Open

Untuk Informasi, Program Pelatihan dan Konsultasi Gratis Bisa Menghubungi +62-819-1047-3460

Call now!