Dalam beberapa kali pelatihan pemberdayaan diri yang diselenggarakan oleh Neo Self Empowerment (PelatihanNSE.com), kami menganjurkan kepada para audiens untuk rutin berolahraga ringan. Dan salah satu alternatif yang sangat kami sarankan adalah: “Berjalan kaki 30 menit setiap pagi”. Dan umumnya muncul pertanyaan dari audiens: Mengapa?

Neo Self Empowerment (PelatihanNSE.com) memutuskan untuk menjawab berbagai pertanyaan tentang manfaat dan alasan “berjalan kaki 30 menit setiap pagi” dalam artikel ini agar semakin banyak yang menyadari pentingnya berjalan kaki secara rutin setiap pagi.

 

Membakar Lemak dengan Olahraga Berat?

“Ada penjelasan mudah di balik fakta bahwa gerakan yang berat justru tidak membakar lemak. Pembakaran lemak membutuhkan banyak oksigen. Sementara pelatihan yang berat membutuhkan banyak oksigen untuk bergerak sehingga oksigen yang tersisa tidak cukup lagi untuk pembakaran lemak.” – Dr. Shigeo Haruyama, spesialis bedah saluran pencernaan dan penulis “The Miracle of Endorphin”

Kutipan pernyataan Dr. Shigeo Haruyama di atas kiranya sudah cukup jelas mengenai mitos pembakaran lemak dengan olahraga berat. Menurutnya, adalah keliru untuk mengharapkan pembakaran lemak dari olahraga berat karena tujuan dari olahraga yang berat adalah untuk membangun otot alias body-building atau muscle building.

Bahkan nasihatnya kepada awam yang bukan atlet: “Pada usia muda sampai 25 tahun, kita memproduksi jumlah superoksidase dismutase (SOD) yang cukup untuk menghadapi keracunan akibat oksigen aktif (radikal bebas)…. Oleh karena itu, sebaiknya kita melatih tubuh dan membangun otot jauh sebelum usia 25… Setelah usia 25 tahun, kita harus sebisa mungkin menghindari olahraga berat, dan lebih cenderung melakukan olahraga ringan untuk membakar lemak dan membebaskan banyak hormon kebahagiaan.”

 

Jalan Kaki: Minimal 5.000 Langkah/Hari, Ideal 13.000 Langkah/Hari

“Saat kita bernapas dengan benar dan bergerak santai dalam waktu lama, tubuh akan dipasok dengan banyak oksigen dan hampir semua lemak akan terbakar. Latihan terbaik untuk membakar lemak adalah berjalan… Sebagai latihan santai untuk membakar lemak, saya anjurkan berjalan kaki sejauh 13.000 langkah setiap hari. – Dr. Shigeo Haruyama, spesialis bedah saluran pencernaan dan penulis “The Miracle of Endorphin”

Nah, menarik bukan? Ternyata latihan terbaik untuk membakar lemak adalah berjalan kaki!

Dr. Shigeo Haruyama menambahkan bahwa: “Pada usia 25, secara umum pertumbuhan tubuh manusia sudah selesai, dan mulailah proses penuaan. Jika kita tidak melakukan apa-apa, mulai usia pertengahan 30-an, 100.000 sel otak mati setiap hari, dan kekuatan otot juga mulai berkurang secara bertahap… Mungkinkah dalam kehidupan normal sehari-hari kita melindungi sel-sel otak dan merawat otot? Sekarang saya ingin memperkenalkan kepada Anda sebuah metode yang paling sederhana dan bisa dipraktikkan oleh siapa saja, yakni berjalan kaki minimal 5.000 langkah setiap hari karena dengan banyak berjalan, hormon kebahagiaan dikeluarkan.”

Berjalan kaki sebanyak 5.000 langkah setiap hari bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, malah sangat menyegarkan jika sudah terbiasa. Fakta-fakta yang disebutkan di atas, menyebabkan Neo Self Empowerment (PelatihanNSE.com) menganjurkan untuk “berjalan kaki 30 menit setiap pagi” karena dalam waktu tersebut, kira-kira sudah tercapai 5.000 langkah. Silakan tambahkan waktu bila dirasa ingin membakar lemak lebih banyak dengan 13.000 langkah.

 

Tips Sebelum Memulai

  1. Berjalan kaki 30 menit di pagi hari sangat ideal jika dilakukan pada kondisi lingkungan yang masih segar. Pilihlah jam sekitar jam 5 pagi atau bahkan lebih awal karena udaranya lebih segar dan belum terpolusi.
  2. Gunakan alas kaki yang nyaman agar tidak terjadi cedera pada kaki. Bagi Anda yang menyenangi nyeker, berhati-hatilah agar telapak kaki tidak terkena benda-benda tajam di jalan.
  3. Gunakan pakaian yang bisa menyerap keringat. Keringat merupakan salah satu anti-depresan alami serta merupakan saluran pembuangan racun dari dalam tubuh.
  4. Minumlah air sebelum dan sesudah berjalan kaki. Cairan tubuh yang keluar, perlu diganti agar Anda tidak mengalami dehidrasi.
  5. Jagalah kenyamanan diri. Ingatlah bahwa tujuan olahraga berjalan kaki bukanlah untuk kompetisi atau menyiksa diri. Jangan melakukan olahraga sampai Anda terlalu kelelahan dan menimbulkan ketidaknyamanan pada tubuh.

Selamat berjalan kaki! Ingatlah bahwa seperti setiap olahraga lainnya, Anda memerlukan konsistensi untuk mencapai hasil optimal dalam jangka panjang. Lebih baik pelan tapi konsisten, daripada buru-buru dan memaksa diri tetapi hanya sementara.

Salam Pemberdayaan Diri!

Open

Untuk Informasi, Program Pelatihan dan Konsultasi Gratis Bisa Menghubungi +62-819-1047-3460